Is It Heartbreaker?

Senin, 06 Juni 2016 0 komentar
Apa yang kalian fikirkan tentang kehidupan?
Kebahagiaan? Kesedihan? Kebesamaan? Kekeluargaan?
Lalu apa yang kalian fikirkan tentang kekeluargaan?
Kehangatan? Keserasian? Kenyamanan?
Kenyamanan.. ya kenyamanan..
Kalau ada kenyamanan mengapa selalu ada keributan??



Gue Deliza, 17 tahun siswa SMEA 8 Bandung. Gue sensitif dengan kata "KELUARGA", mungkin itu semua karena latar belakang keluarga gue yang bisa dibilang cukup berantakan. Entahlah, semenjak gue lahir, gue hampir engga kenal nyokap bokap gue. Ketemu sih, cuma ya gitu.. Efek gue sering ditinggal mereka saat kecil, dan gue di urus sama nenek gue. Yang gue kenal ya cuma nenek gue yang superwoman yang superhero yang luar biasa bangetlah pokoknya.

Nyokap gue kerja disalah satu departement store dikawasan Jakarta Pusat, sedangkan bokap gue cuma seorang makelar. Setiap hari dari gue baru lahir sampe gue gede, mereka selalu pergi kerja dipagi hari dan pulang malam saat gue udah tidur. Weekend pun begitu.. Kebayang dong gimana engga ada waktunya gue dengan orang tua gue. Gue setiap harinya sama nenek gue, makan yang nyediain nenek gue, mandi dimandiin nenek gue, baju dipakein nenek gue, sampe gue ngompol juga yang bersihin dan gantiin celana gue ya nenek gue. Jadi ya gue memang tinggal sama nenek gue. Gue lupa waktu itu nyokap bokap gue juga tinggal dirumah nenek atau engga. Secara gue masih bayi, engga inget banget ha ha..

Dirumah nenek, ada tante gue ada kakek ada kakaknya kakek gue juga. Tapi kalau siang cuma ada gue, nenek gue dan tante gue doang. Bisa dibilang sih tante gue temen main sekaligus temen berantem gue. Tante gue umurnya kira-kira selisih 7 tahunan lah dari gue. Jadi nyambung pembicaraan kita kadang-kadang.

Sebut aja Sari, Mbak Sari. Gue manggil tante gue dengan sebutan itu ha ha. Dia tuh pinter, cerdas, cakep sih engga, cuma menarik aja mukanya. Senyumnya manis, ada lesung pipitnya dalem banget sedalam lautan cinta ha ha. Eh tapi serius, senyumnya manis. Keningnya rada lebar, kupingnya caplang, itu semua menggambarkan kecerdasan kalau menurut gue. Kalau dilihat sih mirip sama Febby Febiola. Sabaleh-duo baleh lah itu ha ha..

Mbak Sari itu adiknya nyokap gue. Jadi nyokap gue sama bokap gue sayang banget sama dia. Menurut cerita yang gue pernah dengar, dulu sebelum gue kahir, nyokap bokap gue itu sering banget beliin dia apa aja. Sampe setiap tahun dirayain ulang tahunnya. Saat gue lahir juga sebetulnya sama sih, dia juga masih dirayain ulang tahunnya sama nyokap gue. Everything that she want, my parents were giving her. Sampai waktu itu saat gue kelas 5 SD, dan dia SMA kelas 3, dia dianter bokap gue kesekolahnya, gue iri gue kesel juga karena engga pernah dianter bokap gue sekolah. Alhasil gue tarik dia dari motor dan dia jatuh. Disitu gue merasa puas. Pasti kalian mikir kenapa sampai gue bisa tarik dia dari motor secara gue cuma anak SD? Jangan salah, gue tuh anak SD terkuat didunia. Jangankan narik dia, pecahin genteng pake tangan aja gue bisa. Kan gue atlet karate sob ha ha..

Dan tiba saatnya Mbak Sari lulus SMA dengan nilai yang sangat memuaskan, bener-bener memuaskan. Gue heran sama dia, dia tuh pinter banget ko bisa gitu? SD SMP SMA disekolah elit terus, sama sih sebetulnya gue juga. Cuma saat SMA aja beda nasib..

Dia nuntut kakek gue untuk biayain kuliah di salah satu Sekolah Tinggi yang bisa dibilang cukup mahal lah saat itu. Sedangkan kakek gue engga mau, lantaran kondisi ekonomi. Bokap gue disitu jadi pahlawan kesiangan, gaya banget mau biayain dia kuliah. Akhirnya Mbak Sari dibujuk bokap gur buat kuliah ditempat lain, dan dia mau. Oh iya, dia sempat ngambek dan ngurung diri 3hari ga keluar kamar gara-gara kakek ga sanggup biayain dia kuliah. Engga papa sih dia ngurung diri, cuma jadi gue yang sengsara. Soalnya semenjak dia ngurung diri 3hari, gue tidur diruang tamu. Sakit badan gue!!

Kuliahlah dia di salah satu perguruan tinggi di Lembang, Bandung. Saat itu kira-kira dia semester 2 atau 3 kalau gasalah, dia punya pacar namanya Mas Ivan. Mas Ivan ini rumahnya beda beberapa blok dari rumah nenek. Gue juga tau ko rumah Mas Ivan, gede banget sob. Mas Ivan sering kerumah, nyogok gue pake ice cream. Tapi gue mah ga mau, abisan dia ngasih gue ice cream yang harganya murahan. Gue kan seleranya tinggi ha ha.. Kurang lebih setahun mereka pacaran, dan Mbak Sari kira-kira masih umur 21 tahunan, Mas Ivan dateng kerumah nenek buat ngelamar Mbak Sari. Saat itu bokap sama nyokap gue kebetulan kerumah nenek. Ditolak mentah-mentah lamarannya Mas Ivan sama bokap gue, soalnya tuh bokap gue udah anggap Mbak Sari itu anaknya sendiri. Jadi ga bisa asal lamar aja kaya beli jagung.

Tapi, Mbak Sari kok mulai nakal ya? Dia sekarang lebih sering bolos kuliah dan entahlah gimana nilainya saat ini. Dan betul aja, engga lama dia keluar, entah di DO atau MD. Setelah itu Mbak Sari mulai kerja di salah satu Bank Swasta ternama di Asia, Biasa sih cuma teller, tapi ya lumayan lah untuk bisa jajanin gue, Gak luput bokap gue yang anter dia tes dan rollingan kemana-mana. Sebulan dua bulan tiga bulan sih gue masih suka dapet uang  jajan bulanan dari dia, karena gue bantu dia buat "ban uang". Lumayan sih bisa buat beli deodorant sama parfum. Tapi ko kesininya seret ya? Padahal gue masih bantu dia ko buat "ban uang".. terus gue mikir dan gue engga minta, Soalnya gue emang engga suka minta gitu, kata bokap ga boleh.

Beberapa bulan setelahnya gue masih engga dapet uang jajan. Gue tanya sama Mama, ya Mama itu panggilan akrab gue ke Mbahti. Ditanyalah Mbahti ke Mbak Sari dan gue kaget saat dia jawab "ngapain gue ngasih lo, mending gue buat jajan". Ish What the Hell!! Gue mau kesel gimana, namanya anak kecil, Mau marah juga males udah terlanjur sakit hati. Akhirnya gue membisu sampai akhirnya gue angkat kaki dari rumah itu karena gue dapet sekolah yang jauh dari rumah, nyokap bokap gue sewa rumah di daerah dekat sekolah biar gue ga terlalu jauh berangkat dan pulangnya. Lega sih ga serumah sama si medit lagi, tapi gue kangen Mama. Akhirnya gue sering-sering ke Mama ditemanin sama Julian, itu loh pacar gue dari jaman penjajahan ha ha..

Tiga tahun berlalu, akhirnya gue lulus sekolah. Gue pindah lagi ke rumah di daerah awal dengan rumah yang berbeda tanpa Mama. Itu tahun 2012, dan gue baru aja sah jadi mahasiswa baru program Akuntansi di Universitas Swasta di Bandung. Gue daftar ITB tapi failed, jadi ya gue dibuang deh kesini. Akhir cerita, Mbak Sari udah nikah sama Om Jamal yang kepalanya botak prontos kaya pentol korek dan tinggal dirumah Mama. Hmm.. makin maleslah gue ha ha.. Akhir Agustus Mbak Sari jual rumah Mama dan pindah ketempat lain yang masih di daerah yang sama. Hanya beda beberapa kilo aja sih. Cuma Mama tuh ga mau banget pindah, tapi mau gimana? Mbak Sari udah ngejual rumahnya dan laku lumayann besar. Mama selalu telpon gue minta dijemput mau main, tapi gue belum sempet karena emang itu gue lagi sibuk urus berkas kuliah. Malam itu, hari pertama mereka pindah ke rumah baru, gue kesana. Cuma sebentar karena ga betah dengan omongan dan tatapan Mbak sari, Om Jamal dan adik-adiknya Om Jamal yang kebetulan lagi main kesana. Keesokan harinya, hari Sabtu kalo gue gasalah. Gue dapet telpon dari Rahma, teman gue dari kecil yang rumahnya dekatan sama rumah Mama. Rahma bilang kalo Mama meninggal. Duhh percaya ga percaya sih... gue langsung mandi langsung meluncur kerumah baru mereka.

Tara.. dan ternyata benar.
Inalillahi, ini loh orang yang sabar merawat dan membesarkan gue selama lebih dari 18tahun. Ini loh tempat pengaduan dan teman cerita gue. Ko bisa? Mama tuh ga ngeluh sakit ke gue, tepi ini kenapa?

Disitu ada Mbak Sari yang nangis sesegukkan, gue yakin dia lagi acting. Karena akhirnya gue taum ternyata dia anak pungut yang diasuh Mama dari kecil. What the Hell!! Anak pungut?? Berani-beraninya jual rumah Mama yang ternyata bukan siapa-siapa dia. Gila!!

Gue marah banget disitu, karena gue bener-bener kesel tau itu semua. Terlebih sebelum meninggal, Mama sempat minta diantar kerumah gue tapi seorangpun engga ada yang mau anter. Astaga.. seminggu sebelum mereka pindah dan seminggu sebelum Mama meninggal, dia nitipin uang ke gue katanya untuk beli kafan kalau dia meninggal. Dia gamau nitip ke anak pungut kesayangannya karena susah buat dimintanya makanya dititp gue, Ya ampun..

Gue tuh ya, jadi sebel sendiri kalau inget-inget yang dulu jadinya. Yang dia disayang banget sama nyokap bokap tapi ujungnya gatau diri. Dirawat Mama malah dia kya gini. Mama sering cerita kalau Mbak Sari jarang beliin makanan enak dan jarang ngajak pergi jalan-jalan sekedar hilangin penat. Sumpah gue benci banget orang itu, bahkan Om Jamal juga, Dia bawa dampak buruk ke tante gue,,

 

©Copyright 2016 Dreamwalker~